Convenience Store Woman

 Convenience Store Woman: Fenomena Sosial Abad Ini


"Aku hanya tak peduli dan tak merisaukannya. Tapi, mereka membicarakan semua itu dengan asumsi aku menderita. Kalaupun yang mereka katakan benar, belum tentu penderitaan itu seperti yang mereka duga. Tapi, sepertinya mereka tak berusaha berpikir sejauh itu. Mereka seolah berkata padaku sikap itu dipilih karena lebih mudah buat mereka"

Sinopsis Singkat

    Bercerita tentang Keiko, perempuan yang bekerja paruh waktu di minimarket selama selama 18 tahun dan belum menikah. Sejak kecil, ia memiliki pemikiran berbeda dari orang-orang pada umumnya. Sampai pada akhirnya ia berusaha untuk menjadi 'normal' agar diterima oleh masyarakat. Ia dan Shiraha yang sama-sama 'buangan' berusaha saling memanfaatkan untuk mendapatkan tempat di masyarakat.

Sedikit Review

    Baca buku ini, menurutku menggambarkan perasaan pas ditanya "kapan lulus?", "kapan nikah?", dan kapan-kapan lainnya diikuti saran panjang lebar haha. Yaaa begitulah standar sosial yang ada di masyarakat, umur segini harus sudah begini dan begitu tergambar jelas di buku ini. Padahal belum tentu yang ditanya merasa menderita seperti Keiko yang tidak bekerja full time dan belum menikah sampai usia mendekati 40 tahun.

    Sisi lain yang menarik adalah tentang minimarket. Jiwanya Keiko seperti hidup dan terikat kuat dengan minimarket. Ia hafal semua suara serta gerak-gerik yang ada disana. Begitupula dengan pengaturan barang-barang, udah di luar kepala si Keiko ini. Gimana lagi, minimarket adalah tempatnya merasa selalu dianggap 'normal' sebagai pegawai.

    Bukunya singkat bisalah dibaca sekali duduk. Ga bertele-tele, konfliknya juga ga bikin pusing. Malah kaget kok tau-tau udah kelar bukunya hihi.

Komentar

Postingan Populer